Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Network Drive Test 2016: Siapa Paling Cepat di Jakarta?

Telko.id – Ini adalah kali pertama Telko.id menggelar uji jaringan secara menyeluruh untuk kawasan Jakarta. Meliputi Jakarta Barat, tempat dimana markas kami berada, uji jaringan kemudian dilanjutkan ke wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur, dengan maksimal 5 titik di masing-masing wilayah.

Untuk pengujian pertama ini, dimana kami mengikut sertakan lima operator tanah air yang telah menggelar layanan 4G-nya, termasuk Telkomsel, XL Axiata, 3, Indosat Ooredoo dan Smartfren, kami menggunakan perangkat lunak yang dirancang oleh OpenSignal, 3G 4G WiFi Maps & Speed Test. Perangkat lunak ini dibenamkan ke dalam smartphone Lenovo Vibe K5 Plus, bersama dengan perangkat lunak Network Cell Info Lite yang bertugas untuk memonitor kondisi jaringan sepanjang perjalanan.

Kami berhenti di antara 4 sampai 5 lokasi, masing-masing selama 20 menit, di 5 wilayah di Jakarta, Kami memantau kondisi jaringan 4G masing-masing operator sepanjang perjalanan menuju tempat tujuan, melihat bagaimana kondisi jaringan masing-masing di setiap titik tujuan, memantau seberapa banyak BTS 4G yang menunjang sinyal masing-masing, kemudian melihat kedudukan masing-masing operator secara keseluruhan dibandingkan dengan yang lainnya. Kami merata-rata data di masing-masing lokasi, kemudian merata-rata lokasi secara bersama-sama untuk melihat hasil keseluruhan.

Proses pengujian ini kami lakukan selama jam kerja, dari tanggal 9 Agustus hingga akhir September 2016. Kami mengunjungi kelima wilayah pada hari yang berbeda, dengan mendatangi sejumlah pusat keramaian seperti pertokoan, tempat rekreasi, dan area bisnis. Data yang kami peroleh kemudian diringkas pada Excel 2010 spreadsheet.

Drive Test Equipment

lenovo-vibe-k5-plus-silverLenovo Vibe K5 Plus

Datang dengan mode Dual SIM, dengan dukungan 4G baik di spektrum 900 MHz, 1800 MHz, dan 850 MHz, Lenovo Vibe K5 Plus menjadi teman perjalanan kami dalam memonitor kondisi 4G di Jakarta. Dari segi desain, ponsel ini cukup ramping, dengan bentang layar yang juga tidak terlalu besar, yakni 5 inci, dengan resolusi 1080 x 1920 pixels. Secara garis besar, ini cukup nyaman di genggaman, karena memungkinkan kami membawanya berkeliling, tanpa perlu takut bodinya akan memenuhi tangan kami. Namun, resolusi layar yang dibawanya entah kenapa membuat kami harus beberapa kali berjuang melawan teriknya matahari Jakarta.

Lenovo Vibe K5 Plus didukung oleh chipset besutan Qualcomm, Snapdragon 616 octa-core dengan kecepatan 1.2GHzyang dikombinasikan dengan RAM 2GB dan penyimpanan internal 16GB yang dapat diperluas hingga 32GB menggunakan kartu microSD. Dan itu adalah apa yang terletak di bagian belakang bodinya yang dapat dibuka. Di sini, kita juga akan menemukan dua slot kartu SIM untuk meletakkan SIM 1 (4G) dan SIM 2 (2G), serta baterai yang bisa dilepas pasang.

Dari segi teknologi, tak ubahnya beberapa smartphone 4G papan atas, Lenovo Vibe K5 Plus telah melengkapi diri dengan teknologi VoLTE, yang secara native bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan sesama pengguna Smartfren. Perlu diketahui, sebelumnya native VoLTE hanya bisa pada perangkat Andromax Series, dan kini K5 Plus menjadi smartphone open vendor pertama yang mendukung VoLTE secara native.

Network specs
Technology GSM / HSPA / LTE
2G bands GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2
3G bands HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
4G bands LTE
Speed HSPA, LTE Cat4 150/50 Mbps
GPRS Yes
EDGE Yes

OpenSignal

OpenSignal mengumpulkan data sinyal dari penggunanya untuk mengukur keadaan sebenarnya dari cakupan operator. Dengan mengumpulkan data mereka dari perangkat klien, OpenSignal mampu membuat gambaran dari jaringan sebagaimana yang dialami oleh para penggunanya, daripada menggambarkan cakupan menggunakan drive testing.

Operator seluler sendiri saat ini menggunakan metodologi yang berbeda untuk mengkompilasi peta cakupannya. OpenSignal menstandarisasi proses ini untuk memberikan insight kepada pengguna terkait jaringan mana yang akan menyediakan mereka dengan cakupan yang terbaik di daerahnya.

Network Cell Info Lite

Network Cell Info Lite merupakan alat untuk memonitor dan menguji sel jaringan. Ini adalah aplikasi Android pertama yang menyediakan meteran sinyal pengukur untuk sel yang melayani (terdaftar), serta untuk sel tetangga. Ini mencakup semua jaringan seluler termasuk LTE, HSPA +, HSPA, WCDMA, EDGE, GSM, CDMA, EVDO.

Untuk gambaran peta sendiri, aplikasi ini mengindikasikannya dengan garis-garis berwarna, biru untuk 4G, merah untuk 3G, dan hijau untuk 2G.

NEXT : Operator dan 4G Network

Latest

Yuk Bisa Yuk, Produktif Lagi Setelah Liburan dengan Galaxy A55 5G

Telko.id - Setelah merayakan hari kemenangan di Hari Raya...

Telin dan Dialog Axiata, Kolaborasi Demi Keamanan Yang Lebih baik

Telko.id - Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani...

LG Gelar Better Life Festival, Inspirasi Bagi Generasi Muda

Telko.id – LG gelar Better Life Festival sebagai upaya...

Apresiasi Buat Fans, Xiaomi Luncurkan Redmi Note 13 Pro+ 5G Edisi Khusus

Telko.id – Xiaomi sadar bahwa merek ini besar dikarenakan...

Rekomendasi

LG Gelar Better Life Festival, Inspirasi Bagi Generasi Muda

Telko.id – LG gelar Better Life Festival sebagai upaya menginspirasi generasi muda Indonesia untuk memulai gaya hidup berkelanjutan. Kegiatan ini merupakan kelanjutan kampanye besar LG...

Mudik Pakai Mobil Listrik, Ini 5 Hal Yang Harus Diketahui

Telko.id - Jelang lebaran 2024, sebagian masyarakat Indonesia, terutama mereka yang tinggal di perkotaan, tengah disibukkan dengan persiapan mudik. Selain memanfaatkan moda transportasi umum, tidak...

Sony Hadirkan Tiga Mikrofon Nirkabel Berkualitas Suara Luar Biasa

Telko.id - Sony memperkenalkan mikrofon nirkabel ECM-W3 dan ECM-W3S, serta mikrofon streaming nirkabel ECM-S1. Mikrofon mutakhir ini menggabungkan pengambilan suara berkualitas tinggi dengan desain...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini